Bawaslu Kepulauan Riau Tingkatkan SDM Kehumasan dengan mendatangkan narasumber berpengalaman

Bawaslu Kepulauan Riau Tingkatkan SDM Kehumasan dengan mendatangkan narasumber berpengalaman

Ranai-Bawaslu Kabupaten Natuna, 13/05/2020

Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (Bawaslu Kepri) kembali mengadakan forum diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM kehumasan di Bawaslu Kepri dan Bawaslu Kabupaten/Kota melalui aplikasi Zoom pada rabu, 13/05/20.

Dalam kata sambutannya Indrawan Susilo selaku Koordinator Divisi Hukum Dan Data Informasi Bawaslu Kepri menyampaikan bahwa peran humas harus terus ditingkatkan apalagi dalam masa pendemi ini peran humas sangat penting untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat, baik dalam bentuk infografis maupun berita.

Bawaslu Kepri mendatangkan dua narasumber berpengalaman yaitu Nikolas Panama Seorang Pewarta dari media AntaraNews.com yang juga jurnalis senior di Kepri dan Andi Mediansyah seorang fotografer professional yang sudah sering mendapatkan penghargaan baik ditingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Nikolas dalam pemaparan meterinya menyampaikan bahwa dalam penulisan berita tetap yang menjadi patokan adalah 5W+1H serta memeperhatikan kode etik dalam penulisan berita seperti factual, akurat, berimbang dan hindari opini. Lebih lanjut dia juga menjelaskan teknik penentuan judul berita yang baik, dimana judul harus unik, mencerminkan isi dan menggunakan kalimat lengkap.

Nikolas Panama, Pewarta dari media AntaraNews.com yang juga jurnalis senior di Kepri sedang memaparkan materi tentang penulisan berita pada rabu, 13 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom

Sementara narasumber kedua Andri Mediansyah memaparkan materi terkait fotografi. Dia menjelaskan bahwa foto yang baik adalah foto yang menggambarkan atau memiliki makna. Foto jurnalistik juga harus memiliki caption atau keterangan foto yang ditulis di bawah foto. Caption foto berita ditulis minimal dua kalimat.

“Caption foto terletak dibawah foto, biasanya berisi keterangan siapa, sedang apa, dimana dan kapan” tuturnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Khairurrijal, S.IP selaku komisioner divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga beserta staf bidang pengawasan dan kehumasan.

Andri Mediansyah, Fotografer Jurnalistik Ketua Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia Kepulauan Riau. beliau menyampaikan meteri terkait fotografi jurnalistik pada forum diskusi pembuatan berita, fotografi dan videografi, rabu 13/05/2020

 

Close Menu