Lompat ke isi utama

Berita

Lakukan Unifikasi Website Utama Bawaslu Kabupaten/Kota, Bawaslu RI Harapkan Tidak Ada Lagi Peretasan

Kegiatan Rapat Teknis Pengelola Website Utama Bawaslu Kabupaten/Kota, Bogor (13-14/01/2024)

Ranai, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Natuna - Bawaslu RI melakukan unifikasi atau penyatuan website utama Bawaslu Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk menghindari serangan malware dan hakcer yang menyerang website utama Bawaslu Kabupaten/Kota. Dengan adanya unifikasi website Bawaslu Kabupaten/Kota maka kendali utama website akan di pegang oleh Bawaslu RI, sehingga potensi akan adanya serangan cyber akan sangat kecil. (13/01/2024).

Bachtiar selaku Tenaga Ahli Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu RI menyampaikan bahwa website sebagai sarana akuntabilitas kelembagaan Bawaslu kepada publik sehingga perlu adanya rekonstruksi terhadap sistem yang dibangun salah satunya dengan melakukan integrasi sistem dengan pendekatan unifikasi.

"dulu, kita punya website rawan ditembus, rawan dicuri sehingga ini menjadi pertimbangan kita dalam rangka pengambilkan kebijakan, kita ingin menyelaraskan dengan kebijakan pimpinan yang menghendaki proses pengawasan itu berbasis digital, salah satunya website" ungkap Bachtiar.

"unifikasi ini adalah sebagai ikhtiar kita dalam rangka menjaga kepercayaan publik" tutup Bachtiar

Dalam kegiatan Rapat Teknis Pengelolaan Website Utama Bawaslu Kabupaten/Kota Hasil Unifikasi Regional 2 yang berlangsung dari tanggal 13-14 Januari 2024 tersebut, pengelola website diberikan bimtek penggunaan website dan pemahanan terkait keamanan website.

 

 

Penulis dan foto: Humas Bawaslu Natuna