Bawaslu Kepri kembali adakan diskusi via aplikasi Zoom terkait SOP PPID

Bawaslu Kepri kembali adakan diskusi via aplikasi Zoom terkait SOP PPID

Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau kembali mengadakan forum diskusi via aplikasi Zoom, yang pada kesempatan kali ini membahas mengenai pemahaman pembuatan SOP (Standar Operasional Prosedur) PPID terkait pelayanan keterbukaan informasi publik pada Jumat, 8 Mei 2020.

Dr. Syopiansyah Jaya Putra, M.Si, Direktur UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang merupakan narasumber dalam diskusi tersebut menyampaikan dalam materinya bahwa SOP merupakan serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan dan didokumentasikan dari aktivitas rutin dan berulang. Dia juga memaparkan materi tentang tipe SOP, format SOP, keterangan SOP, daftar simbol SOP, ketentuan penulisan pelaksana/aktor, standar mutu output, dan standar sarana & prasarana.

Sementara narasumber lainnya Bapak Sulastio, Tenaga Ahli Humas Bawaslu RI menyampaikan minimal ada 3 tugas PPID selain membuat SOP yaitu Pelayanan Informasi, Pendokumentasian dan laporan pelayanan informasi.

“Terkait pelayanan informasi bisa dengan metode langsung yaitu pelayanan informasi di kantor/tatap muka atau bisa juga secara online tergantung kebutuhannya” tambahnya.

Indrawan Susilo Prabowoadi, SH., MH selaku Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data & Informasi Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan bahwa, “Sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0075/K.Bawaslu/HM.00/III/2020, kita diwajibkan untuk memiliki struktur PPID di Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota. Dan kita sudah melaksanakannya dan mengirim SK pembentukan Tim PPID ke Bawaslu RI. Namun ada 1 (satu) tugas lagi yaitu membuat 7 (tujuh) SOP di PPID yang memang harus kita selesaikan dan kita berharap selesai sebelum tanggal 26 Mei untuk diserahkan kepada Bawaslu RI sebagai kewajiban kita PPID di Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota”, ujarnya.

Dalam kesempatan ini Firdinan Islami, S.STP., M.Si selaku Kepala Bagian Pengawasan & Humas juga menyampaikan bahwa, “Adanya kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan penguatan peningkatan kapasitas jajaran Tim PPID Bawaslu Provinsi dan  Bawaslu Kabupaten/Kota khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini, sehingga publik agar dapat mengetahui bahwa Bawaslu tetap hadir dan ada untk mewujudkan Pemilihan yang berkualitas. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih tentunya atas support yang luar biasa dari Ibu Yessi Yunius, SE., M.Si selaku Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau untuk mewujudkan kegiatan ini”, ucap Firdinan.

Kegiatan ini dihadiri oleh tim PPID di Bawaslu Kab/Kota Se-Provinsi Kepri via aplikasi Zoom.

 

Close Menu