Bawaslu Kepri gelar diskusi terkait penulisan karya ilmiah

Bawaslu Kepri gelar diskusi terkait penulisan karya ilmiah

Senin, 11/05/2020

Bawaslu Provinsi Kepri kembali mengadakan forum diskusi terkait strategi dan kiat menulis karya tulis ilmiah dengan narasumber Bapak  Dr. Bachtiar Baetal., SH., MH, Tenaga Ahli Bidang Hukum Bawaslu RI pada senin, 11 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom.

Dilihat dari dimensi pragmatis, dengan menulis kita dapat menuangkan banyak ide hebat dalam pikiran sedangkan dilihat dari dimensi teoritik, menulis merupakan sarana pengembangan pikiran, sarana mengungkapkan sikap kita terhadap suatu masalah, tutur Bachtiar dalam penyampaian materinya.

“karya ilmiah itu berupa tulisan yang memenuhi prinsip ke ilmiahan seperti logis, sistematis, objektif dan etis. karya ilmiah terbagi 2 jenis yaitu karya ilmiah yang ditulis dengan berdasarkan pada hasil penelitian dan karya ilmiah yang ditulis berdasarkan pada pemikiran serius” tambahnya.

lebih lanjut Bachtiar menyampaikan 7 tahapan dalam membuat karya ilmiah yaitu menemukan isu, menentukan fokus masalah, merumuskan judul dan tujuan, konstruksi asumsi penulis, pengumpulan data, menulis dan revisi atau editing dan tahap akhir publikasi.

“selama ini banyak yang keliru, yaitu menentukan judul duluan, itu keliru. kita harus menentukan isu dulu, terus fokus masalah, baru merumuskan judul” ungkapnya.

selanjutkan dia juga membahas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis karya ilmiah diantaranya menghindari plagiat, menulis bukan untuk popularitas, menggunakan bahasa yang jelas, ringkas, fokus, dan mudah dimengerti, disusun berdasarkan karangan, gagasan atau pernyataan orang lain yang menyajikan data dan fakta hasil penelitian dan pengkajian serta menggunakan metode dan sistematika penulisan yang baik.

Forum diskusi ini juga dihadiri oleh Bapak Indrawan Susilo Prabowoadi, SH.,MH – Koordinator Divisi Hukum,Humas & Datin Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh Kordiv HPP & Sengketa Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau.

 

Dr. Bachtiar Baetal., SH., MH – Tenaga Ahli Bidang Hukum Bawaslu RI

 

 

Close Menu